KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur patut kita panjatkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa oleh karena berkat dan bimbingan-Nya, sehingga
penulis mampu
menyelesaikan makalah yang sederhana
ini pada waktunya dengan baik meski
banyak kekurangannya. Dalam makalah yang
berjudul “Perangkat Keras dan Perangkat Lunak“
ini, penulis mencoba menyajikannya
dengan gambarnya.
Makalah ini dibuat sebagai tugas mata
kuliah Pengolahan Instalasi Komputer (PIK).
Penulis hanya berharap, mudah-mudahan, makalah yang singkat ini mampu
memberikan manfaat serta pengetahuan kepada para pembaca yang budiman.
Penulis sampaikan pula ucapan terima
kasih kepada Teman-teman mahasiswa(i) serta dosen pembimbing
matakuliah PIK atas bantuan dan ilmunya yang telah dan
akan diberikan.
Akhirnya, penyusun menyadari akan
keterbatasan kami sebagai manusia. Makalah ini belumlah sepenuhnya sempurna,
oleh karena itu kritik dan saran yang
membangun sangat
kami harapkan demi kesempurnaan makalah selanjutnya.
Makassar, 5 Mey 2012
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR_ i
DAFTAR ISI_ ii
BAB I PENDAHULIAN 1
1.1 Latar
Belakang 1
1.2 Tujuan 1
BAB II PEMBAHASAN 2
2.1 Perangkat
Lunak_ 2
2.2 Perangkat
Keras_ 5
BAB III PENUTUP 16
3.1 Kesimpulan 16
3.2 Saran 16
DAFTAR PUSTAKA 17
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Perangkat lunak (SoftWare) telah berkembang
sedemikian pesat seiring dengan kemajuan teknologi. Saat ini telah beredar
ribuan perangkat lunak baik yang berlisensi (shareware) maupun gratisan
(freeware).
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer,
dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di
dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat
lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras
dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras
dan perangkat lunak akan sedikit buram jika kita berbicara mengenai firmware,
karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke
dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer
dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh
pengguna umum.
1.2.
Tujuan
Adapun tujuan disusunnya makalah ini antara lain :
1. Untuk mengetahui
beberapa bagian perangkat lunak dan perangkat keras
2.
Untuk
memenuhi tugas mata kuliah Jaringan Komputer.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1
PERANGKAT LUNAK
Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program
yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras
komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk
melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara
manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi
menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras
komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan
dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Perangkat
lunak komputer berfungsi untuk :
- Mengidentifikasi program
- Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
- Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
Macam-macam
Perangkat Lunak
Perangkat
lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :
- Sistem Operasi (Operating System),
- Program Aplikasi (Application Programs),
- Bahasa Pemrograman (Programming Language),
- Program Bantu (Utility)
1.
Sistem Operasi (Operating System)
Sistem
Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang
mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori,
penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai
penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang
akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
- Menyimpan program dan aksesnya
- Membagi tugas di dalam CPU
- Mengalokasikan tugas-tugas penting
- Merekam sumber-sumber data
- Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
- Memeriksa kesalahan sistem
- Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″, Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP
- Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
Contoh
Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows,
Linux, dan Unix.
2.
Program Aplikasi (Aplication Programs)
Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang
khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata,
mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain. Perangkat
lunak aplikasi dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu :
a.
Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan program
yang langsung dibuat oleh seorang programmer yang disesuaikan dengan kebutuhan seseorang
ataupun untuk kebutuhan suatu
perusahaan, biasanya menggunakan bantuan suatu bahasa pemrograman. Misalnya
menggunakan visual basic, PHP ataupun bahasa pemrograman apa saja yang
mendukung. Contoh dari program aplikasi adalah : Program penggajian karyawan
(Payroll) Program penjualan tiket pesawat/kapal Laut Program kasir Program
billing warnet/wartel
b.
Program Paket
Program paket merupakan program
khusus dalam paket- paket tertentu yang dibuat oleh software house ataupun langsung
bawaan dari suatu Sistem Operasi. Dibawah ini akan diberikan contoh macam-macam
program aplikasi paket, yaitu : Program pengolah kata, contohnya adalah :
Microsoft Word, Open Office.org Writter, ChiWritter, Word Perfect, WordStar, K
Writter, Amipro, dll.
Program pengolah angka, contohnya
adalah : Microsoft Excel, Open Office.org Calc, Quattro Pro, Lotus 123, dll.
Program presentasi, contohnya adalah : Microsoft Power point, Open Office.org
Impres, Magic Point, Corel Presentation, Apple Work, dll.
Program design grafis, contohnya
adalah : Adobe Photoshop, Corel Draw, Free Hand, Auto Cad, dll.
Program browser, contohnya adalah :
Internet Explorer, Modzilla Firefox, Opera, Netscape Communicator.
Program database, contohnya adalah :
Microsoft Access, Open Office.org Base, Visual Foxpro, Fox Base, Dbase I- IV,
dll.
Program animasi, contohnya adalah :
Macromedia Flash, Swish, dll.
Program multimedia, contohnya :
Windows Media Player, WinAmp, Cyberlink, Real Player, DVD Player,
3.
Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk
menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke
bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.
Ada
3 level bahasa pemrograman, yaitu :
a.
Bahasa
tingkat rendah (low level language)
Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana
pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
b.
Bahasa tingkat tinggi (high level
language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah
dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya
: BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
c.
Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language)
merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object
Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi,
Visual C++
4.
Program Bantu (Utility)
Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi
sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya
memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.
Contoh
software ini diantaranya :
- Norton Utility
- Winzip
- Norton Ghost
- Antivirus
2.2
PERANGKAT KERAS
Pengertian dari
hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat
keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa
dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi
untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware
dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang
juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang
dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri
dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah
komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila
salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya
proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk
dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya,
perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input
divice (unit masukan)
2. Process
device (unit Pemrosesan)
3. Output
device (unit keluaran)
4. Backing
Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal
( unit tambahan)
Komponen dasar pada komputer
terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari
keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal
Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari
monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy
drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM.
Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai
komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini
contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1. Unit
Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai
media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk
diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit
masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan
mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan
komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain
games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar
sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan
menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file.
Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data yang dimasukkan ke dalam
sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal
input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan
maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang
dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula
digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat
digolongkan menjadi dua yaitu :
Ø Peratalan
input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer
graphics tablet, scanner.
Ø Peralatan
input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input
diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri
dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input
yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat
berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi
user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan,
seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal
dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham
pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan
Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada
tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International
Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.
Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port
serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1. QWERTY
2. DVORAK
3. KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai
adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin
tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter
key
2. numeric
key
3. function
key
4. special
function key.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit
masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau
kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat
dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem
operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik
sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse,
sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari
tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan
tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll),
dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri
disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse
berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang
ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya
yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa
melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan
berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol
kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double
click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan
(right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2,
usb dan wireless.
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya
dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan
jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain
touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan
trackball.
d. Light
Pen
Light pen adalah pointer
elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen
(monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke
komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam
enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e. Joy
Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada
permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan
games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik
dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam
komputer.
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit
masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang
berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian
diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada
produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap
kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi
produk yang dijualnya dengan barcode.
(Klik Link di bawah untuk melihat lanjutan makalahnya)
1 komentar
uwawwwww tetewww
Posting Komentar