Skala Jaringan



Skala Jaringan
PAN
Jaringan personal (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer dengan perangkat lainnya, seperti telepon, PDA atau handphone.Jangkauan PAN biasanya hanya beberapa meter saja. Media transmisi antar perangkat PAN yang biasa digunakan adalah kabel data (kelengkapan PDA/handphone), infrared (IrDa), atau bluetooth.Jaringan ini juga memungkinkan untuk koneksi kejaringan yangl ebih luas seperti Internet dengan bantuan modem dan jaringan telepon.

LAN
 LAN atau local area network adalah jaringan berskala relatif kecil dan dibatasi oleh batasan geografis tertentu, misalnya suatu gedung atau komplek gedung, banyak LAN yang hanya memiliki area satu ruangan saja.

MAN
 Man atau Metropolitan Area Network adalah jaringan yang berskala lebih besar dari LAN tapi masih dalam satu kota, misalnya jaring anantar gedung dalam suatu apartemen atau jaringan antara unit-usaha Kedaton dengan unit-usaha Pewadengan unit –usaha Rejosari.

WAN
 WAN atau Wide Area Network adalah jaringan dari berbagai LAN .Ruang lingkupnya tidak lagi terbatas pada suatu area geografis saja, tetapi dapat melintas batas kota bahkan Negara. Sebagai media penghubung antara LAN yang satu dengan LAN yang lainnya dapatdigunakan saluran telepon dan satelit.

INTERNET
Dari skala besarnya internet sebenarnya sama dengan WAN, tetapi WAN bersifatprivate,artinyahanya orang-orang tertentu yang dapat mengaksesnya, misalnya WAN yang dimiliki PTPN7, sebaliknya Internet bersifat publik sehingga semua orang dapat mengakses jaringan tersebut.

0 komentar

Posting Komentar

 
4ndy Hardyson